Langsung ke konten utama

Tata cara memberikan salam menurut Qs.Al-Hujurat ayat 13

Assalamualaikum wr.wb

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِِْ



 بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا
وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ ﴿الحجرات : ۱۳﴾

Transliterasi (ID): yaa ayyuhaannaasu innaa khalaqnaakum min dzakarin wauntsaa waja’alnaakum syu’uuban waqabaa-ila lita’aarafuu inna akramakum ‘inda allaahi atqaakum innallaaha ‘aliimun khabiirun 

Terjemahan Indonesia: Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.

Selengkapnya: https://www.dusturuna.com/quran/49-13/ | dusturuna.com

Ayat ini menjelaskan tentang pentingnya persaudaraan. Allah menegaskan keturunan yang sama, yaitu Adan dan Hawa. dari kedua nenek moyang itulah lahir manusia yang bersuku-suku dan berbangsa-bangsa.

Ditegaskan pula bahwa semua suku dan bangsa tersebut diciptakan agar mereka saling mengenal. dengan saling mengenal akan timbul persahabatan dan persaudaraan. Allah tidak menyukai manusia yang saling bermusuhan, apalagi jika mereka menganggap dirinya paling terhormat dan paling mulia.

Di terjemahannya dijelaskan bahwa satu sukuu dan satu bangsa dengan lainnya adalah sama, tidak ada yang lebih mulia dibanding yang lainnya, mereka semua adalah hamba dihadapan Allah. kemuliaan dalam pandangan Allah bukan ditentukan dari warna kulit, suku bangsa, harta, kecantikan atau ketampanan. tapi yang menjadikan mereka mulia adalah derajat ketakwaan masing masing.

pelajaran:
1. Sebagai manusia yang sama kita tidak boleh membedakan satu sama lain.
2. Kita harus mau saling mengenal, berteman dan bersaudara.
3. Untuk membina persaudaraan, kita harus saling membantu dan menolong, kita juga tidak boleh menghina satu sama lain kita juga harus saling menghormati.

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/9667813#readmore

Tetapi, dalam islam ada perbedaan antara bersalaman yang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki yang bukan mahramnya. Ini jelaskan sebagai berikut :

Ulama dari empat madzhab dan juga Ibnu Taymiyah mengharamkan praktik tersebut. Tetapi ulama dari Madzhab Hanafi memberikan catatan bahwa keharaman itu berlaku sejauh perempuan muda tersebut dapat menimbulkan syahwat sebagaimana keterangan berikut ini: 

وَأَمَّا مُصَافَحَةُ الرَّجُل لِلْمَرْأَةِ الأجْنَبِيَّةِ الشَّابَّةِ فَقَدْ ذَهَبَ الْحَنَفِيَّةُ وَالْمَالِكِيَّةُ وَالشَّافِعِيَّةُ وَالْحَنَابِلَةُ فِي الرِّوَايَةِ الْمُخْتَارَةِ، وَابْنُ تَيْمِيَّةَ إِلَى تَحْرِيمِهَا، وَقَيَّدَ الْحَنَفِيَّةُ التَّحْرِيمَ بِأَنْ تَكُونَ الشَّابَّةُ مُشْتَهَاةً، وَقَال الْحَنَابِلَةُ : وَسَوَاءٌ أَكَانَتْ مِنْ وَرَاءِ حَائِلٍ كَثَوْبٍ وَنَحْوِهِ أَمْ لاَ 

Artinya, “Perihal jabat tangan seorang laki-laki dengan perempuan muda bukan mahram, ulama Madzhab Hanafi, Maliki, Syafi’i, dan Hanbali dalam riwayat pilihan, serta Ibnu Taimiyah memandang keharamannya. Tetapi Ulama Madzhab Hanafi memberikan catatan keharaman itu bila perempuan muda tersebut dapat menimbulkan syahwat. Sedangkan Madzhab Hanbali mengatakan, keharaman itu sama saja apakah jabat tangan dilakukan dengan alas seperti pakaian, sejenisnya, atau tanpa alas,” (Wizaratul Awqaf was Syu`unul Islamiyyah, Al-Mausu’atul Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, [Kuwait, Darus Safwah: 1997 M/1417 H], cetakan pertama, juz 37, halaman 359). 

Perbedaan pandangan ulama perihal ini juga diangkat oleh Syekh Ali Jum‘ah dalam seperti dilansir laman Darul Ifta (Lembaga Fatwa Mesir) nomor 2287 yang diunggah pada 13 Januari 2011 berikut ini: 

مصافحة الرجل للمرأة الأجنبية محل خلاف في الفقه الإسلامي؛ فيرى جمهور العلماء حرمة ذلك، إلا أن الحنفية والحنابلة أجازوا مصافحة العجوز التي لا تُشتَهَى؛ لأمن الفتنة… بينما يرى جماعة من العلماء جواز ذلك؛ لما ثبت أن عمر بن الخطاب رضي الله تعالى عنه صافح النساء لمَّا امتنع النبي صلى الله عليه وآله وسلم عن مصافحتهن عند مبايعتهن له، فيكون الامتناع عن المصافحة من خصائص النبي صلى الله عليه وآله وسلم

 Artinya, “Jabat tangan seorang laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya menjadi arena perbedaan pendapat ulama dalam kajian fiqih Islam. Mayoritas ulama memandang haram praktik itu kecuali Madzhab Hanafi dan Hanbali yang membolehkan praktik itu terhadap perempuan tua yang tidak lagi membangkitkan syahwat karena aman dari fitnah... Ketika sebagian ulama membolehkan praktik itu berdasarkan riwayat bahwa Sayyidina Umar RA berjabat tangan dengan perempuan di mana Rasulullah SAW menahan diri dari praktik tersebut, maka penahanan diri Rasulullah dari praktik itu dipahami sebagai bagian dari kekhususan Nabi Muhammad SAW,” (Lihat Syekh Ali Jumah, Darul Ifta, [Mesir, Darul Ifta: 2011], nomor 2287).

Sumber: https://islam.nu.or.id/post/read/92144/hukum-jabat-tangan-atau-mushafahah-dengan-lawan-jenis-bukan-mahram

Dan dengan adanya Corona Virus yang saat ini sedang mewabah di seluruh penjuru dunia, saya merekomendasikan artikel tentang bersalaman ala sunda yang di terapkan di Jawa Barat. Berikut ulasannya :

KOTA BANDUNG- Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil mengajak masyarakat untuk melakukan Salam Sunda, yaitu merapatkan kedua tangan dan disimpan didepan dada sambil menganggungkkan kepala untuk mengganti salam berjabat tangan, menyusul terus merebaknya kasus Covid 19.
“Kami sudah menyepakati di Jawa Barat salamannya begini saja (merapatkan kedua telapak tangan) kalau ketemu, karena penyebaran virus itu dari bersin, batuk dan salaman berjabat tangan, setelah berjabat tangan megang muka masing-masing, nah itu sumbernya,” katanya.
Menurut Gubernur, dengan Salam Sunda tersebut minimal ada gestur individual tanpa mengurangi rasa pertemanan dan persahabatan yang sebenarnya budaya Sunda sudah melakukannya.
“Saya kira Salam Sunda ini sudah menyimpulkan rasa hormat. Jadi kurangi jabat tangan dan cipika cipiki,” ucap Gubernur, usai Rapat Penanganan Covid 19 di Jawa Barat Melalui Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan dan Pengendalian Infeksi Covid 19, di Gedung Sate, Jumat (13/03).
Gubernur menyatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama DPRD Jawa Barat akan proaktif dengan melakukan tindakan-tindakan yang dianggap sangat dibutuhkan dengan situasional di lapangan yang kemungkinan berbeda terbaca secara umum.
“Total sampai kemarin kan kasus Covid 19 di Jawa Barat sekitar 650 yang terpantau, itu berproses 40% nya sudah negatif tidak ada gejala,” ujarnya. (Parno)

Sumber : https://jabarprov.go.id/index.php/news/36972/2020/03/13/Yuk-Kita-Mulai-Salam-Sunda-Agar-Terhindar-Covid-19

Untuk lebih jelas mengenai salam sunda, kalian bisa lihat video di link dibawah ini :
https://youtu.be/LIf7fEc0SDA

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk semua umat
Wallahu a'lam bish-shawab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Mengenai Materi NAT (Prosedur dan pemeriksaan permasalahan pada internet gateway, Tekhnik konfigurasi ulang internet gateway, Prosedur pengecekan hasil perbaikan, Prosedur pembuatan laporan perbaikan internet gateway)

1. Prosedur dan Pemeriksaan Permasalahan pada Internet Gateway  Kali ini saya akan share cara menganalisis permasalahan pada jaringan atau sering disebut troubleshouting pada jaringan komputer. And Next, ini adalah langkah-langkah yang harus di persiapkan terlebih dahulu. Keperluan yang harus disiapkan: a.   Komputer dengan OS Linux Fedora Core 5 dan WindowsXP b.   Repository fedora core 5 c.   Praktikan sudah pernah menggunakan command line (CLI) di Linux dan Command Prompt di Windows Langkah langkah Praktek : a. Memeriksa dengan ipconfig       ipconfig merupakan tools untuk menampilkan setting jaringan yang digunakan oleh sebuah komputer. Jadi, sebaiknya  memeriksa hasil tools ini terlebih dahulu, memastikan bahwa konfigurasi yang di entri (secara manual) atau yang didapatkan dari server DHCP sudah valid. Opsi yang dipraktekkan :  ipconfig, ipconfig/all, ipconfig/release, ipconfig/renew b. Memeriksa dengan Ping       Digunakan  untuk  test  atau  chec

Gerbang Logika Pengertian, Jenis - Jenisnya dan Contoh Soal

1. PENGERTIAN -  Gerbang logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih dari satu sinyal asukan tetapi hanya menghasilkan satu sinyal berupa tegangan tinggi atau tegangan rendah. Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni  0  dan  1  dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean. 2. JENIS-JENIS -  Terdapat 7 jenis Gerbang Logika Dasar yang membentuk sebuah Sistem Elektronika Digital, yaitu : Gerbang AND Gerbang OR Gerbang NOT Gerbang NAND Gerbang NOR Gerbang X-OR (Exclusive OR) Gerbang X-NOR (Exlusive NOR) Tabel yang berisikan kombinasi-kombinasi Variabel Input (Masukan) yang menghasilkan Output (Keluaran) Logis disebut dengan  “Tabel Kebenaran”  atau  “Truth Table”. Input dan Output pada Gerbang Logika hanya memiliki 2 level. Kedua Level tersebut pada umumnya dapat dilambangkan dengan : HIGH (tinggi) dan LOW (rendah) TRUE (benar) dan FALSE (salah) ON (Hidup) dan OFF (Mati) 1 dan 0 Gerbang A

Soal Mengenai E-mail Server dan jawabannya

1. Apabila ada klient e-mail di komputer kita, maka tugas dari Server E-mail adalah ? a. Mengirim dan menerima e-mail b. Meminta dan menunda e-mail c. Mengirim dan mengkonfirmasi e-mail d. Meminta dan mengirim e-mail Jawaban : A 2. Apa yang dibutuhkan untuk memberi layanan para klient yang tersambung? a. Server b. E-mail c. Server E-mail d. Surat Jawaban : C 3. SMTP server mendengarkan pada port ? a. 15 b. 25 c. 35 d. 45 Jawab : B 4. POP3 mendengarkan pada port ? a. 105 b. 110 c. 115 d. 120 Jawab : B 5. IMAP menggunakan port ? a. 141 b. 142 c. 143 d. 144 Jawab : C 6. Server SMTP menggunakan perintah teks ... a. HELO b. MAIL c. RCPT dan DATA d. Benar semua Jawab : D 7. Protokol yang digunakan untuk menerima e-mail adalah? a. SMTP b. POP3 c. MAIL d. RCPT Jawab : B 8. Perintah untuk melakukan proses instalasi pada setying mail-server adalah ... a. Apt-get Install b. Reboot c. Nano /etc/postfix/main.cf d. Nano /etc/bind/db.smkm