Langsung ke konten utama

Laporan keuangan perusahaan jasa (Pengertian, jenis-jenis, cara dan contohnya)

Perusahaan jasa adalah perusahaan yang khusus bergerak menangani atau memberikan pelayanan di bidang penjualan jasa (keahlian). Yang termasuk ke dalam bidang perusahaan jasa contohnya adalah bank, asuransi, bengkel motor/mobil, rental, usaha salon, jasa pengiriman surat/barang, dan masih banyak contoh lainnya.
Cara membuat laporan keuangan perusahaan jasa kurang lebih sama dengan cara membuat laporan keuangan perusahaan dagang. Sekarang akan kita bahas laporan apa saja yang biasanya dibuat dalam laporan keuangan perusahaan jasa dan komponen apa serta bagaimana bentuk laporannya di bawah ini.

Neraca (Balance Sheet)

Laporan neraca atau sering disebut laporan posisi keuangan pada perusahaan jasa  adalah suatu bentuk laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai perubahan posisi keuangan yang berupa aset, kewajiban, dan ekuitas (modal) untuk satu periode akuntansi tertentu pada suatu perusahaan. Laporan neraca keuangan dibuat setiap akhir periode untuk menentukan posisi keuangan pada perusahaan tersebut. Laporan neraca perusahaan jasa terdiri dari :

A. Komponen Dalam Laporan Neraca

1. Kas dan Setara Kas

Setara kas adalah investasi perusahaan yang bersifat likuid, berjangka pendek, serta investasi yang dapat dirubah menjadi kas tanpa terkena resiko perubahan nilai yang signifikan. Komponen ini ada di semua laporan keuangan, baik di perusahaan jasa maupun perusahaan dagang. Kas dan setara kas terdiri dari kas, kas di bank dan deposito.

2. Piutang Usaha

Komponen ini mencatat piutang atas penjualan yang timbul dari kegiatan bisnis seperti penjualan tiket, dokumen, dan sebagainya.

3. Uang Muka

4. Aset Tetap

Bagian dari kekayaan yang dimiliki perusahaan, seperti kendaraan, bangunan, dan tanah. Aset tetap dinyatakan sebesar biaya perolehan dikurangi akumulasi penyusutan dan rugi penurunan nilai.

5. Utang Bisnis dan Utang Lain-lain

Utang bisnis terdiri dari utang tiket, dokumen, dan sebagainya, sedangkan utang lain-lain merupakan utang refundatas pengembalian dari penjualan yang tidak digunakan oleh pelanggan.

6. Utang Pajak

Meliputi pajak penghasilan seperti pasal 21, 23, 25, 29 dan pajak pertambahan nilai (PPN).

7. Pendapatan Diterima di Muka

Komponen ini mencatat penerimaan uang muka dari pelanggan atas penjualan jasa yang belum direalisasi. Hal ini diakui sebagai pendapatan bila penjualan jasa tersebut telah direalisasi atau telah berjalan.

8. Modal Saham

Merupakan modal saham yang ditempatkan dan disetor penuh. Modal saham sendiri adalah tanda kepemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas.

Langkah-langkah Penyusunan Laporan Posisi Keuangan:
1. Judul Laporan
Menuliskan keterangan yang terdiri dari:
  • nama perusahaan,
  • nama laporan, dan
  • periode laporan di tengah atas halaman.
2. Isi Laporan

  • Aset disusun sedemikian rupa hingga menurut urutan likuiditasnya
  • Kewajiban harus disusun menurut urutan jatuh temponya
  • Ekuitas harus disusun menurut urutan sifat kekekalannya

B. Bentuk Laporan Neraca

Bentuk laporan neraca dibagi menjadi dua, yaitu skontro dan staffel.

1. Bentuk Skontro

Bentuk neraca yang mengelompokkan harta (aktiva) di kolom sebelah kiri, sedangkan kewajiban dan modal diletakkan di kolom sebelah kanan.

2. Bentuk Staffel

Bentuk neraca ini disajikan dengan cara, kelompok harta (aktiva) yang diletakkan di bagian atas dan kelompok kewajiban dan modal diletakkan dibawahnya. Bentuk ini sering dikenal dengan bentuk laporan/vertikal. Berikut adalah contoh laporan neraca dalam bentuk staffel.

Laporan Laba/Rugi

Laporan laba/rugi adalah laporan yang menyajikan seluruh pendapatan dan beban dari suatu perusahaan dalam satu periode akuntansi. Laporan Laba/Rugi dibuat di dalam akhir periode suatu perusahaan. Laporan ini berfungsi untuk melihat performa perusahaan selama satu periode. Laporan laba/rugi perusahaan jasa terdiri dari:

A. Komponen Dalam Laporan Laba/Rugi

1. Pendapatan

Pendapatan dari penjualan jasa diakui pada saat penjualan jasa di counter penjualan, sedangkan pendapatan dari penyelenggaraan diakui pada saat setelah dilakukan.

2. Harga Pokok Penjualan

HPP atau biasa disebut Cost of Good Sold merupakan biaya yang dikeluarkan langsung untuk memperoleh barang atau jasa yang dijual. Komponen ini merupakan beban pokok pendapatan dari paket jasa yang ditawarkan.

3. Beban Usaha

Komponen beban bisnis yang terdiri dari beban penjualan, beban umum, dan administrasi. Beban penjualan terdiri dari promosi dan iklan, sedangkan beban umum dan administrasi terdiri dari gaji dan tunjangan, penyusutan, sewa gedung, paket, pos, dan jasa telekomunikasi, transportasi dan perjalanan dinas, BBM dan parkir, biaya listrik, air, dan gas, keamanan dan kebersihan, fotokopi dan percetakan, perijinan dan jasa profesional, administrasi bank, asuransi, pemeliharaan, dan lain sebagainya.

B. Bentuk Laporan Laba/Rugi

Laporan laba/rugi memiliki dua bentuk penyajian yaitu single step dan multi step.

1. Bentuk Single Step

Bentuk laporan ini jenisnya adalah menjumlahkan seluruh pendapatan dan semua beban yang ada. Kemudian selisih dari pendapatan dan beban akan diketahui besarnya sebagai laba/rugi perusahaan.

2. Bentuk Bertahap (Multiple Step)

Pada prinsipnya bentuk yang kedua ini sama dengan bentuk sebelumnya hanya perbedaannya karena adanya pengelompokkan atas jenis pendapatan dan jenis beban. Misalnya pendapatan, antara pendapatan usaha dan pendapatan di luar bisnis dikelompokkan tersendiri. Begitupun pada beban, dibedakan pula beban bisnis dan beban di luar bisnis. Selisih dari pendapatan dan beban kemudian diketahui sebagai laba/rugi perusahaan. Berikut adalah contoh laporan laba rugi dalam bentuk multiple step.
Dan pada umumnya memang bentuk multiple step ini dipakai untuk perusahaan skala besar.

Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal atau ekuitas adalah bentuk laporan keuangan perusahaan jasa yang secara khusus menyajikan informasi tentang segala perubahan yang terjadi pada modal/ekuitas suatu perusahaan pada satu periode akuntansi. Unsur-unsur pada laporan perubahan modal adalah modal awal, laba/rugi bersih, setoran/penarikan, dan modal akhir.
Dalam hal ini, modal dapat bertambah jika laba lebih besar dari pada pengambilan pribadi (prive). Dan modal akan berkurang jika laba lebih kecil dari prive dan rugi ditambah dengan prive. Berikut adalah contoh laporan perubahan modal.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang berisikan arus kas masuk dan kas keluar suatu perusahaan pada periode tertentu. Laporan ini biasanya berisi informasi kegiatan operasional, investasi, dan keuangan. Laporan ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi yang memungkinkan para pengguna laporan keuangan untuk menilai pengaruh aktivitas tersebut terhadap posisi keuangan perusahaan serta terhadap jumlah kas dan setara kas.
Komponen laporan keuangan perusahaan jasa memang tidak jauh berbeda dengan laporan keuangan perusahaan dagang. Komponen-komponen yang telah disebutkan di atas cukup menyesuaikan dengan jenis jada yang dikelola oleh perusahaan.
Diatas  adalah beberapa penjelasan mengenai contoh laporan keuangan perusahaan jasa. Apapun bisnis yang dijalankan, penting bagi Anda untuk memerhatikan laporan keuangan. Untuk membuat laporan keuangan dengan mudah, Anda bisa memanfaatkan software akuntansi. Jurnal adalah softwareakuntansi online berbasis cloud yang memudahkan dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan secara instan dan memudahkan dalam pengelolaan keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun. 







Referensi : 
https://www.akuntansilengkap.com/akuntansi/contoh-laporan-keuangan-perusahaan-jasa-beserta/
https://www.jurnal.id/id/blog/2017-contoh-laporan-keuangan-perusahaan-jasa/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rangkuman Mengenai Materi NAT (Prosedur dan pemeriksaan permasalahan pada internet gateway, Tekhnik konfigurasi ulang internet gateway, Prosedur pengecekan hasil perbaikan, Prosedur pembuatan laporan perbaikan internet gateway)

1. Prosedur dan Pemeriksaan Permasalahan pada Internet Gateway  Kali ini saya akan share cara menganalisis permasalahan pada jaringan atau sering disebut troubleshouting pada jaringan komputer. And Next, ini adalah langkah-langkah yang harus di persiapkan terlebih dahulu. Keperluan yang harus disiapkan: a.   Komputer dengan OS Linux Fedora Core 5 dan WindowsXP b.   Repository fedora core 5 c.   Praktikan sudah pernah menggunakan command line (CLI) di Linux dan Command Prompt di Windows Langkah langkah Praktek : a. Memeriksa dengan ipconfig       ipconfig merupakan tools untuk menampilkan setting jaringan yang digunakan oleh sebuah komputer. Jadi, sebaiknya  memeriksa hasil tools ini terlebih dahulu, memastikan bahwa konfigurasi yang di entri (secara manual) atau yang didapatkan dari server DHCP sudah valid. Opsi yang dipraktekkan :  ipconfig, ipconfig/all, ipconfig/release, ipconfig/renew b. Memeriksa dengan Ping       Digunakan  untuk  test  atau  chec

Gerbang Logika Pengertian, Jenis - Jenisnya dan Contoh Soal

1. PENGERTIAN -  Gerbang logika adalah rangkaian dengan satu atau lebih dari satu sinyal asukan tetapi hanya menghasilkan satu sinyal berupa tegangan tinggi atau tegangan rendah. Gerbang Logika beroperasi berdasarkan sistem bilangan biner yaitu bilangan yang hanya memiliki 2 kode simbol yakni  0  dan  1  dengan menggunakan Teori Aljabar Boolean. 2. JENIS-JENIS -  Terdapat 7 jenis Gerbang Logika Dasar yang membentuk sebuah Sistem Elektronika Digital, yaitu : Gerbang AND Gerbang OR Gerbang NOT Gerbang NAND Gerbang NOR Gerbang X-OR (Exclusive OR) Gerbang X-NOR (Exlusive NOR) Tabel yang berisikan kombinasi-kombinasi Variabel Input (Masukan) yang menghasilkan Output (Keluaran) Logis disebut dengan  “Tabel Kebenaran”  atau  “Truth Table”. Input dan Output pada Gerbang Logika hanya memiliki 2 level. Kedua Level tersebut pada umumnya dapat dilambangkan dengan : HIGH (tinggi) dan LOW (rendah) TRUE (benar) dan FALSE (salah) ON (Hidup) dan OFF (Mati) 1 dan 0 Gerbang A

Soal Mengenai E-mail Server dan jawabannya

1. Apabila ada klient e-mail di komputer kita, maka tugas dari Server E-mail adalah ? a. Mengirim dan menerima e-mail b. Meminta dan menunda e-mail c. Mengirim dan mengkonfirmasi e-mail d. Meminta dan mengirim e-mail Jawaban : A 2. Apa yang dibutuhkan untuk memberi layanan para klient yang tersambung? a. Server b. E-mail c. Server E-mail d. Surat Jawaban : C 3. SMTP server mendengarkan pada port ? a. 15 b. 25 c. 35 d. 45 Jawab : B 4. POP3 mendengarkan pada port ? a. 105 b. 110 c. 115 d. 120 Jawab : B 5. IMAP menggunakan port ? a. 141 b. 142 c. 143 d. 144 Jawab : C 6. Server SMTP menggunakan perintah teks ... a. HELO b. MAIL c. RCPT dan DATA d. Benar semua Jawab : D 7. Protokol yang digunakan untuk menerima e-mail adalah? a. SMTP b. POP3 c. MAIL d. RCPT Jawab : B 8. Perintah untuk melakukan proses instalasi pada setying mail-server adalah ... a. Apt-get Install b. Reboot c. Nano /etc/postfix/main.cf d. Nano /etc/bind/db.smkm